Cara Tepat dan Aman untuk Mengobati Sinusitis di Rumah

Apa itu sinusitis? Kondisi ini terjadi jika Anda pernah mengalami pilek sampai berkepanjangan. Pada umumnya, sinusitis ini menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. sinusitis ini bisa mengakibatkan sinus, yaitu kondisi saat terdapat lendir yang muncul pada rongga sinus di dalam hidung.

Penyebab umumnya adalah bakteri yang menimbulkan peradangan di rongga sinus. Penderitanya akan mengalami gejala seperti flu yang berkepanjangan dan kambuh-kambuhan, terutama saat udara dingin. Berbagai cara di bawah ini sangat tepat untuk mengobati sinusitis di rumah.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sebuah cara dalam mengobati sinusitis adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Minumlah cairan, di antaranya air putih, jus, dan buah segar yang mengandung banyak air agar mampu membantu mengencerkan lendir yang timbul pada rongga sinus. Terakhir, selalu hindarilah untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein karena bisa menyebabkan dehidrasi dan sinusitis dapat menjadi semakin parah.

  1. Istirahat Cukup
READ  Apa Astigmatisme Itu?

Beristirahat cukup menjadi metode pengobatan yang ampuh untuk semua penyakit, pasalnya akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menstabilkan kondisi keseharan tubuh karena punya waktu untuk pemulihan. Dengan mengistirahatkan tubuh, sinusitis yang diderita akan mereda dan bisa kembali normal. Dengan beristirahat cukup, Anda dapat mempercepat pemulihan serta membuat tubuh jadi lebih kuat untuk menghadapi peradangan yang dialami.

  1. Menjaga Kelembaban Hidung

Mengobati sinusitis sangat penting dan sangat ampuh dipenuhi dengan menjaga kelembaban hidung. Dengan menjaga kelembapan rongga sinus, nyeri yang dirasakan dapat mereda dan lendirnya yang muncul akan berkurang. Cara melembabkan hidung adalah dengan berendam di dalam air hangat ataupun mengonsumsi air hangat. Tak hanya itu, Anda bisa juga mengompres wajah menggunakan kain yang sudah direndam ke dalam air hangat.

  1. Meninggikan Kepala

Cara berikutnya adalah dengan memposisikan kepala lebih tinggi dibandingkan posisi badan. Caranya adalah dengan mengganjal kepala menggunakan beberapa bantal yang mampu membantu mengobati sinusitis. Cara ini bisa membantu memperbaiki sirkulasi serta aliran lendir yang berada di dalam rongga sinus.

  1. Mengonsumsi Jahe dan Nanas
READ  Gejala Askariasis yang Patut Anda Waspadai

Jahe sudah dikenal sebagai bahan obat herbal yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan. Rasa pedasnya ternyata juga mampu mengatasi sinusitis. Dengan mengonsumsinya saat hangat, lalu dicampurkan dengan teh, saluran pernapasan dan hidung yang semula mampet bisa kembali lega.

Dikutip dari halodoc.com, nanas juga berkhasiat mengobati sinusitis. Nanas ini mengandung bromelain yang bisa meredakan pembengkakan yang terjadi di saluran pernapasan serta mengencerkan lendir di tenggorokan. Jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, tetap selalu memperhatikan apakah ada efek interaksi dari obat yang dikonsumsi atau tidak.

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas ternyata dipercaya mampu mengatasi sinusitis saat kondisi ini kambuh. Mengonsumsi makanan berkuah yang dicampurkan dengan bumbu yang mengandung rempah-rempah kuat sampai terasa pedas, bisa mengobati penyakit ini. Cara ini bisa membuat cairan yang ada di dalam hidung menjadi keluar. Cairan yang sudah menumpuk di dalam hidung dan telah menyebabkan infeksi juga bisa keluar dengan cara yang alami.

  1. Menggunakan Obat Tetes Hidung Steroid
READ  Cara Mengobati Askariasis yang Belum Banyak Diketahui

Cara lainnya untuk mengobati sinusitis adalah dengan memakai obat tetes hidung steroid. Akan tetapi, obat ini hanya dapat diperoleh melalui resep dokter usai melakukan pemeriksaan. Obat ini memang mampu mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus, kemudian bisa menahan infeksi agar tidak menyebar ke tempat lain. Cara pengobatannya yaitu dengan menyemprotkannya langsung ke hidung. Walau demikian, obat ini memiliki efek samping, seperti menyebabkan mimisan, hidung terlalu kering, dan ketidaknyamanan saat bernapas.

 

Sumber Artikel:

www.halodoc.com

hellosehat.com

 

Sumber Gambar:

hellosehat.com

www.rsadventbandung.com

blog.nuhun.online

 

You May Also Like

About the Author: Nunung Nugraha