Jenis-jenis Penyakit Menular di Rumah dan Cara Mencegahnya

Penyakit memang ada banyak macamnya, ada yang bisa menular dan ada juga yang tidak menular. Penyakit menular adalah penyakit yang bisa berpindah dari satu tubuh ke tubuh lain dengan cara tertentu, seperti bersentuhan fisik, menghirup udara yang sama, dan juga saling bertukar cairan. Tidak hanya di tempat umum, penyakit menular pun bisa berada di dalam rumahmu sendiri.

Agar kamu bisa menghindar dari penyakit yang bisa menular, kamu harus tahu apa saja, sih, jenis penyakit yang bisa menular itu? Nah, berikut ini ulasan mengenai penyakit menular di rumah beserta cara untuk mencegahnya menurut halosehat.com, yuk disimak!

Influenza

Influenza atau flu merupakan penyakit yang sering menular di antara orang-orang melalui udara. Influenza ini diakibatkan oleh virus yang sering melakukan mutasi dan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh sulit untuk mendeteksi adanya virus ini. Maka dari itu, seseorang akan bisa terkena flu beberapa kali dalam waktu-waktu yang saling berdekatan.

READ  Cara Mengobati Askariasis yang Belum Banyak Diketahui

Untuk cara penularannya, influenza bisa melalui udara dan juga cairan yaitu air ludah serta sistem pernapasan. Oleh karena itu, ketika kamu berdekatan dengan orang yang terkena influenza, resiko tertularnya akan sangat besar. Cara untuk mencegahnya, kamu bisa mengenakan masker di dalam rumah baik untuk orang yang sedang terkena influenza, maupun bagi orang-orang disekeliling pengidap.

Sedangkan cara pencegahan jenis penyakit menular di rumah ini dari dalam tubuh, kamu bisa melakukan gaya hidup yang sehat. Seperti makan secara teratur, olahraga dengan rutin, serta mengonsumsi makanan-makanan sehat. Kamu pun bisa membarenginya dengan vitamin-vitamin yang membantu mempertahankan imun dalam tubuh dan mencegah berkembangnya virus.

Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit yang juga disebabkan oleh virus, yaitu virus varicella zoster dan dapat menular dengan banyak cara. Yaitu melalui udara ketika pengidap bersin atau batuk kemudian udara tersebut terhirup oleh orang terdekatnya, maka orang tersebut memiliki resiko untuk tertular. Bisa juga dengan cara bersentuhan langsung dengan pengidap seperti berjabat tangan, atau juga melalui barang-barang pribadi miliki pengidap contohnya pakaian.

READ  Bagaimana Cara Mengobati Astigmatisme ?

Orang yang terkena cacar air, akan muncul bintik-bintik berwarna kemerahan yang bisa berbentuk gelembung maupun tidak, rasanya gatal dan bisa melepuh. Tanda awal seseorang terkena cacar air adalah suhu tubuh yang semakin lama semakin naik atau demam. Untuk masa inkubasinya sendiri bisa terjadi mulai dari 2 sampai 3 minggu.

Penyakit menular di rumah ini dapat dicegah dengan cara vaksinasi khusus untuk cacar air, menjaga makanan agar mengonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun lingkungan, serta terus menghindari sumber-sumber penularan.

Campak

Penyakit campak pun disebabkan oleh virus yang masuk ke golongan virus paramixovirus. Orang yang sudah terkena virus tersebut, biasanya akan muncul gejala mulai dari 7 sampai 14 hari. Gejala-gejala yang dirasakan antara lain nyeri pada tenggorokan, nyeri pada otot, ruam-ruam yang muncul di kulit, suhu tubuh yang naik, batuk-batuk, dan masih ada beberapa gejala lain.

READ  Cara Tepat dan Aman untuk Mengobati Sinusitis di Rumah

Campak dapat menular melalui air ludah yang biasanya tersebar dengan cara bersin maupun batuk. Untuk mencegahnya, ketika anak masih balita harus melakukan vaksinasi campak. Sehingga ketika sudah menjadi remaja bahkan sampai dewasa pun terhindar dari penyakit ini. Resiko terkena campak untuk orang yang melakukan vaksinasi saat balita lebih kecil dibandingkan orang yang tidak melakukan vaksinasi.

Itulah ulasan mengenai penjelasan penyakit menular di rumah yang bisa kamu ketahui. Namun dengan gaya hidup yang sehat serta rajin berolahraga, kamu akan sulit terkena penularan penyakit-penyakit di atas. Semoga artikel ini beermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Nunung Nugraha